Rabu, 08 April 2009

Sabar..



Dalam setiap kejadian pasti ada hikmah yang Alloh berikan..

tapi terkadang kita tidak dapat memahaminya, dan mengerti atas apa yang tengah terjadi..

seperti saya, terkadang saya sulit memahami dan mengerti atas apa yang sebenarnya telah Alloh rencanakan untuk saya, bukankah setiap kejadian baik itu dimasa lalu, masa sekarang, dan masa yang akan datang telah Alloh rencanakan dan terjadi pasti karena izinNya..

sehingga terkadang hikmah yang sebenarnya bisa langsung kita resapi berlalu begitu saja tertutupi dengan segala keluh dan kesah yang kemudian baru kita sadari setelah keluh dan kesah lelah mendera..

bagi saya, jika kita sudah mengerti hal tersebut, seharusnya keluh dan kesah itu tidak ada..
dengan dalih, namanya juga manusia ada khilafnya --saya kesal dengan ungkapan ini-- meski ini kerap terjadi pada saya dikala kejadian diluar keinginan saya terjadi, keluh dan kesah itu hadir meski hanya sekejap..

"huuh, kenapa sih..?!"

padahal jika kita menyadari apapun peristiwanya yang tengah terjadi pada kita, pasti karena rencanaNya dan izinNya, ada hikmah dibalik setiap kejadian yang ada, tergantung bagaimana kita menyikapinya..

dan apapun kejadian yang menimpa kita, datangnya hanya dari Alloh semata, yang telah ditentukan kapan berakhirnya, bukankah segala sesuatunya ada masanya, seperti iman yang terkadang naik dan turun, juga hati yang mudah dibolak-balikkan, tetapi semua itu kembali lagi pada penyikapan kita terhadap setiap kejadian, bersabar, sambil menunggu masa-masa genting itu selesai..dan Alloh Yang Maha Tahu, tidak akan memberikan sesuatu di luar batas kemampuan kita, Alloh Yang Maha Tahu, Maha Tahu yang tebaik untuk hamba-hambaNya..

sabar itu bukan kepasrahan karena kita telah lelah dengan apa yang tengah terjadi pada kita, lelah meratapi diri atau bahkan lelah mencari sumber kesalahan dari mana saja, yang kemudian kita sadari bahwa memang semua tindakan itu tiada berguna..

Rasulullah menegaskan, bahwa sesungguhnya sabar itu adalah ketabahan kita pada saat pertama kali kita menghadapi kejadian itu, bagaimana kita melapangkan dan mengikhlaskan segala kejadian yang tengah menimpa kita, dan yakin bahwa semua yang terjadi karena kuasaNya, karena izinNya, dan Alloh Yang Maha Baik, pasti akan selalu memberi yang terbaik untuk hamba-hambaNya..

dan sesungguhnya, kepasrahan itu adalah milikNya, dimana kita berdo'a, memohon dan meminta hanya kepadaNya, menyerahkan segala sesuatunya kepadaNYa, pemilik alam semesta dan isiNya..Alloh tiada pernah mengecewakan hamba-hambaNya dan tiada menolak do'anya, selama kita tidak menyekutukanNya

dan dalam setiap kejadian pasti ada hikmah yang Alloh berikan..Alloh menginginkan hamba-hambaNya menjadi lebih baik dan lebih baik lagi..

"Sesungguhnya bersama kesulitan ada kemudahan."QS.94:6

2 komentar:

  1. Sabar dan ikhlas...
    Gampang-gampang susah...

    BalasHapus
  2. sbg manusia biasa, hanya sabar dan ikhlas yg bisa lakukan..selebihnya menunggu takdir..

    BalasHapus